Selesai wajib militer, kini menjadi duta merek: V membantu brand meraih "Waralaba Terbaik 2025"
Setelah sekitar dua tahun menjalani wajib militer, V kembali dengan citra yang bersinar dan langsung mengambil banyak peran sebagai duta merek untuk merek-merek besar. Jika sebelumnya ia sudah bekerja sama dengan Celine, Cartier, Compose Coffee, dan Seoul Tourism, baru-baru ini V menambahkan Coca-Cola Zero Korea dan Snow Peak Apparel ke dalam daftar tersebut.
Meskipun telah lama absen dari industri hiburan, nama V tetap memiliki daya tarik yang luar biasa di mata publik, memberikan "efek emas" bagi merek-merek yang berkolaborasi dengannya. Dari merek-merek fesyen mewah seperti Celine dan Cartier, hingga merek-merek yang lebih populer seperti Compose Coffee atau Coca-Cola, semuanya mengalami pertumbuhan yang signifikan.
Itulah mengapa V tetap menjadi sosok unggulan di mata brand global. Dan di antara semuanya, Compose Coffee adalah bukti paling nyata dan pengaruh komersial yang besar yang di bawa V.
Menurut Maeil Business Newspaper—salah satu surat kabar ekonomi ternama Korea, Compose Coffee dinobatkan sebagai "Waralaba dengan kinerja terbaik di 2025" di Korea, setelah melalui evaluasi terhadap lebih dari 12.000 merek waralaba di negara tersebut.
Total pendapatan brand pada tahun 2024 mencapai 88,8 miliar won, dengan laba operasional sebesar 36,6 miliar won, dan margin keuntungan operasional sebesar 41,3%. Angka ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan banyak pesaing lainnya, membuat Compose Coffee unggul dalam kompetisi.
Pertumbuhan pesat brand ini diyakini berkaitan erat dengan perekrutan V sebagai duta merek pada Desember 2023. Jumlah pengguna aplikasi Compose Coffee meningkat dari sekitar 9,3 juta pengguna menisdi 11,9 juta pengguna hanya dalam beberapa bulan (Desember 2023 - awal 2024). Pada september 2024, jumlah pengguna aplikasi melampaui 15 juta, membuktikan bahwa "efek Kim Taehyung" benar-benar mendorong pertumbuhan yang signifikan.
Bahkan respons penggemar terhadap brand masih tetap tinggi sepanjang 2024, meski hanya mengandalkan video pra-rekaman sebelum wajib militer atau foto-foto V yang mengenakan seragam militer di depan gerai Compose Coffee yang diunggah ke Instaram. Hal ini menunjukkan bahwa popularitas V berhasil menghubungkan konsumen dengan brand sangatlah kuat.
Selain itu, Compose Coffee juga diuntungkan ketika fanbase V mengadakan beragam acara menggunakan produk-produk dari brand tersebut. Komunitas penggemar Kim Taehyung Supporters Korea yang bekerja sama dengan cabang Compose Coffee di Chuncheon Ududumir dan Chuncheon Myeongdong untuk menggelar acara peringatan 100 hari wajib militer sang idola.
Fan club itu juga membagikan kopi dan dessert (makanan penutup) Compose Coffee tanpa batas kepada para tentara saat ulang tahun V atau menjelang kelulusannya dari wajib militer. Dalam acara tersebut, gerai-gerai tersebut tidak hanya meraup keuntungan dan menarik pelanggan, tetapi juga memberikan publisitas gratis yang luas.
Tidak hanya terbatas pada pasar Korea, Compose Coffee kini menghadapi peluang ekspansi global. Terlebih setelah Jollibee Foods Corporation (Filipina) mengakuisisi 70% sahamnya, brand ini diperkirakan akan segera hadir di Asia Tenggara, bahkan pasar Eropa dan Amerika. Dengan strategi waralaba dan harga "value coffee"-nya, Compose Coffee menjanjikan persaingan ketat bagi banyak jaringan kopi internasional.
Para penggemar meyakini bahwa V telah mengangkat Compose Coffee dari yang hanya sekadar "brand terjangkau nasional" menjadi brand dengan jangkauan internasional, sekaligus menjadi tren minuman bagi anak muda. Hanya dalam satu tahun, V berhasil menjadikan Compose Coffee menjadi brand nomor satu di industri, hingga menarik minat waralaba global Jollibee Foods untuk berinvestasi.
Tak berlebihan jika dikatakan bahwa "segala sesuatu yang disentuhnya berubah menjadi emas"!
Komentar ARMY
1. Apa pun yang dia sentuh langsung menjadi emas! Nah
itu yang namanya star power. Ga perlu numpang
pamor ke orang lain, ga perlu juga nebeng nama gede,
pengaruhnya udah kebukti sendiri! Oh Taehyung,
kamu emang luar biasa!
2. Ada yang bilanf "dia ga butuh brand besar... Dan justru
dia yang membuat brand itu menjadi besar" dan aku
setuju banget. Power dia tuh gila sih.
3. Gila sih ini. Soalnya Compose Coffee cuma bikin photo-
shoot sekali sama Taehyung di November 2023
sebelum dia wamil, terus dalam setahun lebih cuma
spam 5 foto yang itu-itu doang di seluruh gerai, dan
sekarang mereka jadi coffee franchise dengan margin
keuntungan operasional tertinggi di Korea sebesar
41.3%.
4. Nah ini yang namanya impact! Dia sendirian aja bisa
bikin kayak gitu. Jenius banget. Dia ga milih brand ter-
kenal, tapi dia yang bikin brand itu terkenal. Mau
brand yang tepat, dan ga buang-buang pengaruhnya.
Itu dia, lelakiku!
5. Ini baru namanya impact dari seorang brand
ambassador! Dan ga butuh brand terkenal, justru dia
yang bikin mereka terkenal. Selamat Compose
Coffee!
6. Cara dia sendiri yang bikin Compose Coffee jadi No.1
padahal dia lagi wamil tuh gila sih. Emang pengaruh
asli ga bisa dipalsuin!
7. Emang pantes banget! Bahkan aku aja ga tau gimana
rasa produk mereka. Tapi Compose Coffee X Taehyung
tuh kolaborasi yang keren banget. Semoga Taehyung
bisa jadi BA untuk waktu yang lama
8. Taehyung emang definisi clout itu sendiri. Dia nunjukin
gimana seharusnya seorang brand ambassador
bekerja. Dia yang ngangkat brand, bukan sebaliknya.

.png)


Comments
Post a Comment